Kepribadian, warisan & pendidikan adalah bagian dari keberhasilan,
tapi ada 1 hal yang lebih penting dari semua itu, yaitu Kemampuan berpikir.
Kuasai seluruh hidupmu.
Berpikirlah lebih cepat, lebih tepat dan lebih mampu merasakan sesuatu dibanding orang-orang di sekitar.
Dalam analisa terakhir, keahlian mental lah yang memiliki peran penting dalam sebagian besar pekerjaan.

Sabtu, 05 Mei 2012

Pengertian Sistem Informasi Manajemen


Sistem informasi manajemen merupakan penerapan sistem informasi di dalam organisasi untuk mendukung informasi-informasi yang dibutuhkan oleh semua tingkatan manajemen. SIM (Sistem Informasi Manajemen) di definisikan oleh:
George M. Scott (1986:66) “Suatu sistem informasi manajemen adalah kumpulan danri interaksi-interaksi sistem-sistem informasi yang menyediakan informasi baik untuk kebutuhan manajerial maupun kebutuhan operasi”.
Menurut Barry E. Cushing (1974:8) Suatu sistem informasi manajemen adalah kumpulan dari manusia dan sumber-sumber daya modal d dalam suatu organisasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menghasilkan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.

          Secara teori, komputer tidak harus digunakan di dalam SIM, tetapi kenyataannya tidaklah mungkin SIM yang komplek dapat berfungsi tanpa melibatkan elemen non-komputer dan elemen komputer. SIM merupakan suatu sistem yang melakukan fungsi-fungsi untuk menyediakan semua informasi yang mempengaruhi semua operasi organisasi. SIM merupakan kumpulan dari sistem-sistem informasi. SIM tergantung dari besar-kecilnya organisasi dapat terdiri dari sistem-sistem informasi sebagai berikut:
1.      Sistem Informasi Akuntasi , menyediakan informasi dari transaksi keuangan.
2.      Sistem Informasi Pemasaran, menyediakan informasi penjualan, promosi penjualan, kegiatan-kegiatan pemasaran dan sebagainya yang berhubungan dengan pemasaran.
3.      Sistem Informasi Manajemen Persediaan
4.      Sistem Informasi Personalia
5.      Sistem Informasi Distribusi
6.      Sistem Informasi Pembelian
7.      Sistem Informasi Kekayaan
8.      Sistem Informasi Analisis Kredit
9.      Sistem Informasi Penelitian dan Pengembangannya
10.  Sistem Informasi Teknik.
         Semua sistem informasi tersebut dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada semua tingkatan manajemen, yaitu manajemen tingkat bawah (lower level management), manajemen tingakat menengah (middle level management) dan manajemen tingkat atas (top level management).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar